I. Analisa kebutuhan konsumen
Industri makanan sudah lama marak di Surakarta , untuk itu kami menganalisa kebutuhan konsumen untuk membuat sebuah tempat jajanan tradisional dengan format yang lebih modern sehingga bisa menarik pelanggan. Analisa kami lakukan ditempat dimana banyak mahasiswa yaitu diwilayah sekitar kampus.
Latar belakang analisa ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk melestarikan kembali makanan ataupun jajanan pasar yang sudah lama tenggelam tetapi dengan cara yang berbeda seperti biasanya. Kami menyadari bahwa target kami adalah mahasiswa, jadi harga makanan yang ditawarkan tidak bisa tinggi melainkan bisa dijangkau oleh kalangan mahasiswa seperti pada umumnya.
Dari sisi lain, mahasiswa sebagai konsumen membutuhkan kesegaran budaya yang selama tertelan karena kemajuan zaman. Maka dari itu dibuatlah makanan atau jajanan khas yang mencerminkan sebagai pelestarian budaya.
II. Analisa lingkungan
Usaha sate klepon ini memerlukan suatu tempat yang baik. Tempat yang baik tidak selalu strategis tetapi yang penting adalah dekat dengan konsumen. Wilayah yang dekat dengan bahan baku juga sangat penting. Pertimbangan inilah yang menjadi analisa kami dalam pemilihan lokasi. Semua pertimbangan bisa dikondisikan sehingga wilayah yang dipakai tidak akan jauh dengan pasokan bahan baku dan konsumen bisa menemukan lokasi penjualan dengan mudah karena dekat dengan mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar